Senin, 08 Januari 2018

Resensi Buku Pendidikan Agama Islam

Resensi Buku Pendidikan Agama Islam
                                               Resentator: Muhammad Fadhlan Syaifudin
Ushuluddin VB
     NIM: 151410507
  1. Identitas Buku
Judul buku           : Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam
Pengarang            : Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A.
Kota/ Penerbit     : Jakarta / Rajawali Pers
Cetakan               : Ke-2
Tahun                  : 2012
Tebal                    : 341 halaman


  1. Biodata Penulis
            Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A. lahir di Lumajang, 11 Desember 1956. Memperoleh gelar Sarjana Muda Jurusan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Malang tahun 1976, gelar Magister (S2) IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 1989, dan gelar Doktor (S3) IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan judul disertasi “Filsafat Pendidikan Islam Indonesia suatu Kajian Tipologis”.
            Beliau pernah menjadi dosen tetap di IAIN Sunan Ampel Malang, menjadi guru besar pada UIN Malang, menjadi direktur program pasca sarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan dengan keahliannya dibidang pendidikan beliau diminta batuannya mengajar di beberapa Program Pascasarjana (S2 dan S3) terutama pada UIN Malang, STAIN, IAIN dan PTAIS di wilayah Jawa Timur serta menjadi external examiner disertasi Ph.D Pada Universitas Malaya Kuala lumpur Malaysia dan salah satu tim peneliti kenaikan jabatan ke Gurur Besar Madya pada Universitas Sains Islam Malaysia.
  1. Isi Buku
            Buku ini disusun sesuai dengan perkembangan pendidikan Islam sebagai kajian yang bersifat teoretis dan fondasional serta mengkaji dan mengantisipasi proglem dan isu-isu aktual di bidang pendidikan Islam. Buku ini terkait langsung dengan matakuliah, pemikiran pendidikan Islam, Kapita selekta pendidikan, pengembangan kurikulum pendidikan Islam dan pengembangan pendidikan Islam kajian fondasional dan operasional pada jenjang S1, S2 dan S3. Pada bab pertama, buku ini menjelaskan tentang ladasan pengembangan pendidikan Islam terutama berkaitan dengan makna pengembangan pendidikan Islam, pentingnya landasan pengembangan pendidikan Islam dan implikasinya terhadap pengembangan pendidikan Islam.
            Adapun kandungan dari bab 2 tentang model-model pemikiran dalam Islam implikasinya terhadap pengembangan studi Islam pada perguruan tinggi agama Islam. Dalam hal ii membahas tentang makna Islam dalam konteks perkembangan pemikiran modern di dunia Islam, pasang surut perkembangan pemikiran di dunia Islam, model-model    pemikiran Islam dalam konteks pengembangan pendidikan dan implikasinya terhadap pengembangan studi Islam di PTAI.
            Bab 3 menjelaskan secara jelas tentang kajian pendidikan Islam di Nusantara baik dilihat dari segi ontology, epistemology dan aksiologi. Sedangkan untuk bab 4 dan bab 5 menjelaskan tentang pengembangan program studi pada PTAI mulai dari landasan pengembangannya, respon terhadap tuntutan kebutuhan masyarakat dan keharus untuk memberantas penyakit kalsih. Sedangkan kandungan yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan Islam dalam merespon tantangan global diklarifikasikan pada tantagan yang dihadapi Indonesia dan kunci sukses dalam menghadapinya, peningkatan kualitaas guru sebagai upaya pengembangan kualitas SDM serta pengembangan sekolah dan madrasah.
            Bab 6 mengkaji tentang perkembangan madrasah, khususnya yang berkaitan dengan makna substansi madrasah sebagai sekolah umum berciri khas Islam dan gambaran umum praktek pengembangan madrasah sebagai sekolah umum berciri khas Islam.
            Untuk bab 7 mengkaji tentang perkembangan profesionalisme guru pendidikan agama Islam baik yang berkaitan dengan tantangan pndidikan agama Islam dan pentingnya pengembangan profesionalisme guru PAI, hakikat dan itelektualnya dengan mata pelajaran lain di sekolah/madrasah.
            Bab 8 mengkaji tentang pemberdayaan tim pengembangan kurikulum madrasah dalam mengendalikan kualitas madrasah, hal ini berkaitan langsung dengan pembahasan pentingnya Tim Pengembangan Kurikulum Madrasah, tujuan penyelenggaraan Tim Pengembangan Kurikulum Madrasah, peran dan tugas Tim Pengembangan Kurikulum Madrasah, program kerja dan pendukung Tim Pengembangan Kurikulum Madrasah serta pemberdayaan Tim Pengembangan Kurikulum Madrasah.
            Adapun bab terakhir mengkaji tentang monitoring dan evaluasi kurikulum madrasah, pembahasan ini berkaitan langsung dengan pentingnya monitoring dan evaluasi kurikulum madrasah, pengertian dan tujuan pelaksanaan monitoring dan evaluasi, landasan pelaksanaan monitoring dan evaluasi, model pelaksanaan monitoring dan evaluasi, pegembangan instrument monitoring dan evaluasi, serta penyusunan laporan monitoring dan evaluasi kurikulum madrasah.
  1. Keunggulan dan kekurangan buku
  2. Keunggulan buku
            Buku ini memiliki keunggulan dari segi pembahasan yang analitis dan mendalam serta banyak memberikan inspirasi, membuka wawasan dan membantu para pengawas pendidikan (PPAI), para pimpinan lembaga pendidikan Islam dalam melaksanakan tugas dan tanggug jawabnya. Buku ini sangat diperlukan oleh seluruh perguruan tinggi, karena teori-teori yang dikembangkan sesuai dengan perkembangan pendidikan tinggi.
            Dengan keunggulan tersebut membuat para pemimpin lembaga pendidikan Islam (madrasah/sekolah Islamdan pergurun tinggi Islam/UIN, IAIN, STAIN atau PTAIS sama-sama mejadikan buku ini latar belakang atau dasar dalam pembelajaran pendidikan Islam.

  1. Kekurangan buku
            Setelah saya membaca buku Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam karya Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A.ini, sejauh ini belum saya temukan kekurangan didalam buku ini, karena penjelasan materi didalam buku ini mudah dimengerti dan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami serta dilengkapi dengan daftar gambar dan table.
            Dengan demikian buku ini benar-benar bisa memberikan aspirasi kepada pembaca, khususnya pada mahasiswa karena dalam buku ini tidak tidak bersifa normatif, teoretis dan tidak hanya membicarakan hal-hal yang menyangkut das sollen (apa yang seharusnya) kurang diimbangi dengan kajian-kajian empirik atau isu-isu aktual yang berkembang di masyarakat lokal, nasional maupun global, namun buku ini bertujuan untuk menjembatani kedua kepentingan tersebut, sehingga kajiannya bukan sekedar neyangkut hal-hal yang berifat teoritis dan fondasional tetapi juga mengkaji dan mengantisipasi problem dan isu-siu aktual di bidang pendidikan Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Studi Naskah Tafsir_As-Sya`rawi_ An Nisa` 1-3_Poligami

Tafsir As-Sya`rawi An-Nisa 1-3 (Poligami) Disusun Oleh : Muhammad Fadhlan Syaifudin , Muhammad Muthiurridlo , Ikrom Najibuddin Fakultas...