Resensi Buku Pendidikan Agama Islam
Resentator: Muhammad Fadhlan
Syaifudin
Ushuluddin VB
NIM: 151410507
- Identitas Buku
Judul buku
: Pemikiran dan
Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam
Pengarang
: Prof. Dr. H.
Muhaimin, M.A.
Kota/ Penerbit :
Jakarta / Rajawali Pers
Cetakan
: Ke-2
Tahun
: 2012
Tebal
: 341 halaman
- Biodata Penulis
Prof. Dr. H.
Muhaimin, M.A. lahir di Lumajang, 11 Desember 1956. Memperoleh gelar Sarjana
Muda Jurusan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Malang tahun 1976,
gelar Magister (S2) IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 1989, dan gelar Doktor
(S3) IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan judul disertasi “Filsafat Pendidikan
Islam Indonesia suatu Kajian Tipologis”.
Beliau pernah
menjadi dosen tetap di IAIN Sunan Ampel Malang, menjadi guru besar pada UIN
Malang, menjadi direktur program pasca sarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
dan dengan keahliannya dibidang pendidikan beliau diminta batuannya mengajar di
beberapa Program Pascasarjana (S2 dan S3) terutama pada UIN Malang, STAIN, IAIN
dan PTAIS di wilayah Jawa Timur serta menjadi external examiner disertasi
Ph.D Pada Universitas Malaya Kuala lumpur Malaysia dan salah satu tim peneliti
kenaikan jabatan ke Gurur Besar Madya pada Universitas Sains Islam Malaysia.
- Isi Buku
Buku ini disusun
sesuai dengan perkembangan pendidikan Islam sebagai kajian yang bersifat
teoretis dan fondasional serta mengkaji dan mengantisipasi proglem dan isu-isu
aktual di bidang pendidikan Islam. Buku ini terkait langsung dengan matakuliah,
pemikiran pendidikan Islam, Kapita selekta pendidikan, pengembangan kurikulum
pendidikan Islam dan pengembangan pendidikan Islam kajian fondasional dan
operasional pada jenjang S1, S2 dan S3. Pada bab pertama, buku ini menjelaskan
tentang ladasan pengembangan pendidikan Islam terutama berkaitan dengan makna
pengembangan pendidikan Islam, pentingnya landasan pengembangan pendidikan
Islam dan implikasinya terhadap pengembangan pendidikan Islam.
Adapun kandungan
dari bab 2 tentang model-model pemikiran dalam Islam implikasinya terhadap
pengembangan studi Islam pada perguruan tinggi agama Islam. Dalam hal ii
membahas tentang makna Islam dalam konteks perkembangan pemikiran modern di
dunia Islam, pasang surut perkembangan pemikiran di dunia Islam, model-model pemikiran Islam dalam konteks pengembangan
pendidikan dan implikasinya terhadap pengembangan studi Islam di PTAI.
Bab 3 menjelaskan
secara jelas tentang kajian pendidikan Islam di Nusantara baik dilihat dari
segi ontology, epistemology dan aksiologi. Sedangkan untuk bab 4 dan bab 5
menjelaskan tentang pengembangan program studi pada PTAI mulai dari landasan
pengembangannya, respon terhadap tuntutan kebutuhan masyarakat dan keharus
untuk memberantas penyakit kalsih. Sedangkan kandungan yang berkaitan dengan
pengembangan pendidikan Islam dalam merespon tantangan global diklarifikasikan
pada tantagan yang dihadapi Indonesia dan kunci sukses dalam menghadapinya,
peningkatan kualitaas guru sebagai upaya pengembangan kualitas SDM serta
pengembangan sekolah dan madrasah.
Bab 6 mengkaji
tentang perkembangan madrasah, khususnya yang berkaitan dengan makna substansi
madrasah sebagai sekolah umum berciri khas Islam dan gambaran umum praktek
pengembangan madrasah sebagai sekolah umum berciri khas Islam.
Untuk bab 7
mengkaji tentang perkembangan profesionalisme guru pendidikan agama Islam baik
yang berkaitan dengan tantangan pndidikan agama Islam dan pentingnya
pengembangan profesionalisme guru PAI, hakikat dan itelektualnya dengan mata
pelajaran lain di sekolah/madrasah.
Bab 8 mengkaji
tentang pemberdayaan tim pengembangan kurikulum madrasah dalam mengendalikan
kualitas madrasah, hal ini berkaitan langsung dengan pembahasan pentingnya Tim
Pengembangan Kurikulum Madrasah, tujuan penyelenggaraan Tim Pengembangan
Kurikulum Madrasah, peran dan tugas Tim Pengembangan Kurikulum Madrasah,
program kerja dan pendukung Tim Pengembangan Kurikulum Madrasah serta
pemberdayaan Tim Pengembangan Kurikulum Madrasah.
Adapun bab terakhir
mengkaji tentang monitoring dan evaluasi kurikulum madrasah, pembahasan ini
berkaitan langsung dengan pentingnya monitoring dan evaluasi kurikulum
madrasah, pengertian dan tujuan pelaksanaan monitoring dan evaluasi, landasan
pelaksanaan monitoring dan evaluasi, model pelaksanaan monitoring dan evaluasi,
pegembangan instrument monitoring dan evaluasi, serta penyusunan laporan
monitoring dan evaluasi kurikulum madrasah.
- Keunggulan
dan kekurangan buku
- Keunggulan
buku
Buku ini memiliki
keunggulan dari segi pembahasan yang analitis dan mendalam serta banyak
memberikan inspirasi, membuka wawasan dan membantu para pengawas pendidikan
(PPAI), para pimpinan lembaga pendidikan Islam dalam melaksanakan tugas dan
tanggug jawabnya. Buku ini sangat diperlukan oleh seluruh perguruan tinggi,
karena teori-teori yang dikembangkan sesuai dengan perkembangan pendidikan
tinggi.
Dengan keunggulan
tersebut membuat para pemimpin lembaga pendidikan Islam (madrasah/sekolah
Islamdan pergurun tinggi Islam/UIN, IAIN, STAIN atau PTAIS sama-sama mejadikan
buku ini latar belakang atau dasar dalam pembelajaran pendidikan Islam.
- Kekurangan
buku
Setelah saya
membaca buku Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam karya
Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A.ini, sejauh ini belum saya temukan kekurangan
didalam buku ini, karena penjelasan materi didalam buku ini mudah dimengerti
dan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami serta dilengkapi dengan daftar
gambar dan table.
Dengan demikian
buku ini benar-benar bisa memberikan aspirasi kepada pembaca, khususnya pada
mahasiswa karena dalam buku ini tidak tidak bersifa normatif, teoretis dan
tidak hanya membicarakan hal-hal yang menyangkut das sollen (apa yang
seharusnya) kurang diimbangi dengan kajian-kajian empirik atau isu-isu aktual
yang berkembang di masyarakat lokal, nasional maupun global, namun buku ini
bertujuan untuk menjembatani kedua kepentingan tersebut, sehingga kajiannya
bukan sekedar neyangkut hal-hal yang berifat teoritis dan fondasional tetapi
juga mengkaji dan mengantisipasi problem dan isu-siu aktual di bidang
pendidikan Islam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar